Singgung Wayang Dalam Ceramahnya, Khalid Basalamah Minta Maaf

  • Bagikan
Ustaz Khalid Basalamah (DOK. BONEPOS).

INITIMES.COM, JAKARTA – Lantaran menuai keritikan dari berbagai pihak, pendakwah Khalid Basalamah buka suara terkait video ceramahnya yang tersebar di media sosial soal wayang.

Dalam video yang diunggah diunggah di channel Youtube Basalamah Official, Khalid menyampaikan permintaan maaf kepada pihak yang tersinggung.

“Saya Khalid Basalamah mengucapkan permohonan maaf sebesar-besarnya dari hati nurani kami kepada seluruh pihak yang tidak terkecuali yang merasa terganggu atau tersinggung, dengan jawaban kami tersebut,” ungkap Khalid.

Baca Juga  Semarak Natal Mentan SYL

Khalid menjelaskan bahwa dirinya sama sekali tidak pernah secara gamblang menyebut wayang haram dalam ceramahnya. Khalid mengaku hanya menyampaikan saran agar menjadikan Islam sebagai tradisi, bukan sebaliknya.

“Pada saat ditanyakan masalah wayang, saya mengatakan alangkah baiknya dan kami sarankan, kami sarankan agar menjadikan Islam sebagai tradisi, jangan menjadikan tradisi sebagai Islam. Dan tidak ada kata-kata saya di situ mengharamkan.” katanya.

Lebih jauh, Khalid menjelaskan bahwa menurutnya, tidak ada masalah dengan tradisi yang sejalan dengan Islam. Namun, jika bertentangan dengan Islam, maka sebaiknya ditinggalkan.

Baca Juga  Korban Tewas Akibat Bentrok Sorong Bertambah Jadi 19 Orang

“Makna kata-kata ini juga kalau ada tradisi yang sejalan dengan Islam, tidak ada masalah. Dan kalau bentrok sama Islam, ada baiknya ditinggalkan, ini sebuah saran,” jelas Khalid.

Ia juga menjelaskan tentang potongan video kedua mengenai pertanyaan terkait tobatnya seorang dalang. Khalid mengatakan bahwa itu sama dengan pertanyaan bagaimana tobatnya seorang pedagang, seorang guru, yang merupakan sebuah profesi.

  • Bagikan