Timnas Indonesia Batal Berlaga di Piala AFF U-23, Ini Penyebabnya

  • Bagikan
Timnas Indonesia Batal Berlaga di Piala AFF U-23 2022 (INITIMES.COM - DOK KEMENPORA).

BONEPOS.COM, JAKARTA – Tim Nasional (Timnas) Indonesia batal mengikuti turnamen sepakbola Piala AFF U-23 2022 yang digelar pada 14-26 Februari, mendatang.

Timnas Indonesia seharusnya dijadwalkan berangkat pada Jumat (11/2/2022) hari ini, namun batal setelah terdapat banyak pemain yang positif covid-19 di skuad Timnas Indonesia.

Melansir laman PSSI, pembatalan ini disebabkan dua hal. Pertama adanya tujuh pemain Timnas Indonesia yang positif covid-19 dan 1 ofisial.

Tujuh pemain itu yakni Ronaldo Joybera R Junior, Muhammad Ferrari, Braif Fatari, Taufik Hidayat, Irfan Jauhari, Ahmad Figo Ramadhani, dan Cahya Supriyadi.

Baca Juga  Tiba di Mandalika, Maverick Vinales Terpesona Dengan Lombok

Selain itu ada empat pemain yang dalam pemantauan lantaran berada satu kamar dengan pemain yang lebih dulu dinyatakan positif covid-19.

Di luar kasus covid-19, ada tiga pemain yang juga sedang mengalami cedera yaitu Gunansar Mandowen, Ramai Rumakiek, dan Muhammad Iqbal.

Timnas Indonesia juga hanya tinggal punya satu kiper yaitu Muhammad Riyandi. Riyandi pun disebut baru saja menjalani karantina selama 10 hari.

Kondisi ini membuat Shin Tae-yong mengirim surat resmi kepada federasi dan mengusulkan untuk membatalkan keikutsertaan Indonesia di Piala AFF U-23. Permintaan Shin Tae-yong ini kemudian direspons oleh PSSI.

Baca Juga  Antisipasi Penyebaran Omicron, Danny Pomanto Libatkan Camat hingga RT/RW

Setelah melalui diskusi antara Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan, Waketum Iwan Budianto, Sekjen Yunus Nusi, Direktur Teknik Indra Sjafri, dan pelatih Shin Tae-yong akhirnya diputuskan untuk membatalkan keikutsertaan Indonesia di turnamen itu.

Diketahui, Timnas Indonesia adalah juara bertahan di turnamen ini. Pada edisi 2019, Timnas Indonesia menang 2-1 atas Thailand di partai final.

Piala AFF U-23 2022 ini juga awalnya jadi momentum persiapan menuju SEA Games Vietnam yang juga menerapkan batas umur serupa. (*)

 

  • Bagikan